Pengobatan Herbal Diabetes dengan Mengkudu



Diabetes atau yang lebih dikenal dengan kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah yang disebabkan kurangnya produksi zat insulin atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap zat insulin.

Hal ini akan mengakibatkan kadar glukosa pada makanan tidak dapat diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh. Akibatnya, kadar gula dalam darah akan terus meningkat dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi dalam tubuh yang berujung pada kematian. Secara umum, ada 2 jenis diabetes yakni:

Diabetes melitus tipe 1
Ditandai  dengan rusaknya sel beta pankreas yang menghasilkan insulin pankreas sehingga terjadi kekurangan insulin pada tubuh. Penderita diabetes tipe ini mutlak memerlukan insulin.

Diabetes melitus tipe 2
Diabetes tipe ini disebabkan oleh kelainan sekresi insulin oleh sel beta pankreas, gangguan kerja insulin/resistensi insulin, atau keduanya. Resistensi insulin berarti ketidaksanggupan insulin memberi efek biologik yang normal pada kadar gula darah tertentu.

Gejala-gejala dari kedua tipe diabetes tersebut serupa. Yang paling umum antara lain: kekurangan energi, mudah lapar, sering buang air kecil (terutama pada malam hari), rasa haus yang berlebihan, pandangan yang kabur, mual, rasa sakit di bagian perut, dan sering kesemutan.

Tipe I sering dikaitkan dengan turunnya berat badan. Sedangkan tipe II sering dikaitkan dengan penambahan berat badan. Diabetes melitus dapat dikendalikan jika sel-sel beta pankreas secara bertahap diperbaiki dan resistensi sel-sel tubuh terhadap insulin dikurangi. Faktor genetik, pola hidup, dan pola makan memegang peranan penting sebagai faktor penyebab diabetes melitus.

Noni/Mengkudu Efektif Melawan Diabetes
Tim Direktorat Teknologi Farmasi dan Medika, Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT, telah melakukan uji praklinis teradap sari buah Noni dengan menggunakan hewan percobaan. Hal ini dilakukan guna memberikan klarifikasi ilmiah terhadap klaim khasiat Noni.

Penentuan jenis khasiat yang dipilih untuk diuji didasarkan pada gejala penyakit yang cenderung meningkat saat ini dan klaim khasiat dari beberapa produk sari buah Noni.

Tiga jenis khasiat Noni yang telah diuji yaitu: penurun tekanan darah (anti-hipertensi), penurun gula darah (anti-diabetes), dan penurun kolesterol darah. Berikut ini adalah hasil dari percobaan yang dilakukan pada hewan untuk mengetahui khasiat Noni dalam menurunkan gula darah (anti-diabetes).

Percobaan uji khasiat anti-diabetes sari buah Noni dilakukan terhadap hewan coba mencit galur Balb C jantan dan betina yang dibuat dalam kondisi diabetes dengan pemberian zat alloxan.

Penelitian dilakukan tiga minggu dengan dosis tunggal sari buah Noni 0,22 mL/20 g berat badan, atau setara dengan dua sendok makan sehari manusia dewasa.

Ternyata, kadar gula darah menurun baik jantan maupun betina yang mendapat sari buah Noni dan penurunan kadar gula darah didapati lebih besar pada kelompok hewan yang mendapat sari buah Noni lebih lama (dua minggu dibanding satu minggu).

Hasil uji khasiat terhadap kadar gula darah ini mendukung informasi empiris mengenai khasiat Noni sebagai penurun gula darah. Diduga, kandungan proseronin pada Noni mampu memperbaiki sel beta pankreas.

Di dalam tubuh, proseronin diubah menjadi seronin yang mampu menyatukan peptida-peptida atau asam-asam amino menjadi protein. Pada pankreas yang rusak pun, protein banyak terpecah. Karena itu, seronin mampu meregenerasi sel-sel pankreas yang rusak.

"Dengan di temukannya Proseronin, maka angka harapan hidup manusia menjadi bertambah. Berbagai penyakit akibat rusaknya/matinya sel pada organ tertentu bisa direvitalisasi dan diregenerasi", demikian penjelasan Dr. dr. Marullah, spesialis syaraf naturophaty dan internis lulusan Amerika.

Organ pankreas rusak akibat sel-sel penyusunnya banyak yang mati. Zat proseronin yang di hasilkan Noni dapat merevitalisasi dan meregenerasi sel-sel penyusun pankreas sehingga pulih kembali dan menghasilkan insulin yang cukup untuk menormalkan kembali kadar gula dalam darah.

Jika Anda ingin mencoba Noni juice sebagai alternatif untuk pengobatan diabetes, saat ini di pasaran dapat ditemui berbagai produk Noni juice sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan semua manfaat yang terkandung dari buah Noni.

Namun, kendalanya sering kali produk-produk tersebut dijual dengan harga yang sangat mahal dan sudah dicampur dengan sari buah lainnya sehingga manfaat sari buah Noni yang diberikan tidak maksimal. Banyak juga produk Noni juice yang menambahkan gula dalam resep mereka, yang justru harus dihindari oleh para penderita diabetes.



Berikut ini adalah manfaat-manfaat lainnya dari buah Mengkudu yang sudah terbukti secara ilmiah.


  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan kelenjar timus
  • Melawan Tumor dan Kanker
  • Menghilangkan Rasa Sakit
  • Mengatasi Peradangan dan Alergi
  • Mengkudu Sebagai Anti-bakteri
  • Mengatur Siklus Suasana Hati (Mood)
  • Mengatur Siklus Energi Tubuh


Khasiat-Khasiat Tambahan
Mengkudu memiliki khasiat-khasiat lain yang belum dibuktikan secara medis, namun secara empiris telah banyak orang yang mengalami perbaikan dan peningkatan kesehatan setelah mengonsumsi sari buahnya. Beberapa problem kesehatan yang dapat diatasi dengan menggunakan Mengkudu:

  • Sistem pencernaan: Perut kembung, luka pada usus halus, radang lambung, muntah-muntah dan keracunan makanan.
  • Sistem pernapasan: Batuk, bronchitis, sakit tenggorokan, TBC, kolera, demam pada bayi, sinusitis, asma.
  • Sistem kardiovaskular: Kolesterol tinggi, penebalan otot jantung, meningkatkan transportasi oksigen di dalam sel.
  • Penyakit kulit: Luka bakar, luka, kudis, bisul, selulit, cacing kulit, ketombe, kurap, dan radang pada kulit, borok pada kulit, serta masalah-masalah pada kulit lainnya.
  • Mulut dan tenggorokan: Radang tenggorokan, gusi berdarah, batuk, sariawan, sakit gigi.
  • Gangguan menstruasi: Sindrom pra-menstruasi, siklus haid yang tidak teratur, nyeri pada waktu haid.
  • Awet muda: Sari buah Mengkudu dapat digunakan sebagai tonik untuk mengatasi keriput akibat proses penuaan.
  • Penyakit-penyakit dalam tubuh: Diabetes, hepatitis kronis, sakit pinggul, sakit kepala, gangguan fungsi ginjal, kencing batu, gangguan pada hormon tiroid.
  • Defisiensi daya tahan tubuh: Penyakit virus Epstein-Barr, candidiasis kronis, penyakit akibat infeksi virus HIV, kekurangan tenaga (AES=altered energy syndrome).



Kini hadir Vitanosteen dengan kandungan Pure Noni, Jus kulit manggis, Pure Honey, Jus Apel, Sari bunga Rosella. Untuk pemesanan silahkan hubungi kontak kami. Sehat bersama Vitanosteen.

Source by Deherba

No comments:

Post a Comment